just want to share..

just want to share..

Peta Penduduk Indonesia akses Internet 2012

peta akses internet 2012 indonesia

Akses Internet sekarang bagi penduduk Indonesia semakin penting rasanya, dengan kencangnya laju informasi saat ini, kehilangan momentum untuk mendapatkan informasi tersebut rasanya sangat merugikan. Meskipun begitu, akses internet ini belum bisa dirasakan ataupun dimanfaatkan secara menyeluruh oleh orang Indonesia. 

Sekedar bersosialisasi lewat social media seperti facebook, twitter, instagram, reddit, dan lain-lain seperti menjadi kebutuhan primer khususnya bagi penduduk yang berusia muda. Saya pun bersyukur bisa mengakses internet untuk mendapatkan informasi mengenai pengguna internet di Indonesia. Mungkin ada orang lain yang lebih dulu ingin membuat infographmap mengenai pengguna internet tidak bisa terpenuhi karena kendala akses internet, ironis sekali bukan.

Data pengguna Internet tahun 2012 saya unduh atau download dari situs resmi Badan Pusat Statistik (BPS) yang membuka portal data mereka untuk bisa kita manfaatkan. Kenapa tahun 2012 ? sebenarnya saya ingin mengunduh data terbaru, tapi hanya data tahun 2012 saja yang terbaru dan lengkap untuk saya petakan. Provinsi DKI Jakarta sudah selayaknya masuk urutan pertama dalam proporsi pengguna Internet mengingat Jakarta adalah Ibukota yang menjadi pusat pemerintahan dan pusat bisnis. Terbayang jika 10 menit saja koneksi internet Ibukota terputus akan ada banyak orang gila baru di Indonesia. Berlebihan ? Tidak !!.. Apalagi untuk masalah bisnis, kehilangan 10 menit bisa berarti kehilangan klien-klien penting dan berdampak pada bisnis tersebut.

Untuk provinsi lainnya, khususnya daerah timur, pengguna atau layanan internet belum se"heboh" Jakarta. Hal ini ditandai dengan data statistik bahwa Indonesia daerah Timur memiliki prosentase pengguna internet yang rendah, contohnya Maluku Utara.

Hal menarik lainnya adalah proporsi pengguna Internet dilihat dari jenis Kelamin yakni Pria dan Perempuan. Sebagian besar provinsi, memiliki penduduk Pria yang menjadi mayoritas pengguna internet, Untuk desa yang kalah "modern" dibanding kota, Kota Jogja memiliki proporsi penduduk  terbesar untuk Desa yang punya akses internet.

Download Peta resolusi tinggi : Peta Penduduk Indonesia Akses Internet 2012

4 comments


EmoticonEmoticon